Home Berita Satuan 81 Kopassus di PT DAHANA Lakukan Pelatihan Spesialisasi Demolisi

Satuan 81 Kopassus di PT DAHANA Lakukan Pelatihan Spesialisasi Demolisi

jabareuy.com – Satuan 81 Komando Pasukan Khusus (SAT81/Gultor), yang dikenal sebagai salah satu satuan terbaik dalam Tentara Nasional Indonesia (TNI), telah menjalin kerjasama dengan PT DAHANA dalam upaya meningkatkan spesialisasi dalam penanganan bahan peledak.

Pelatihan yang dilakukan di Kampus Subang, Jawa Barat, pada hari Rabu, 8 Mei 2024, merupakan bagian dari upaya SAT81/Gultor untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam menghadapi ancaman yang semakin kompleks.

Dalam sambutannya, Juli Jajuli, Senior Manajer Legal & Komunikasi Perusahaan PT DAHANA, menyatakan bahwa kerjasama ini adalah bentuk dari kedekatan yang telah terjalin antara DAHANA dan TNI.

PT DAHANA, yang merupakan bagian dari holding BUMN industri pertahanan Indonesia (DEFEND ID), fokus pada penyediaan Alutsista yang berkaitan dengan Energetic Material.

Kampus DAHANA tidak hanya merupakan kantor, tetapi juga memiliki nilai filosofis sebagai pusat riset, pengembangan, dan pembelajaran tentang bahan peledak.

Pelatihan ini juga menjadi momentum untuk merayakan ulang tahun ke-72 Kopassus yang jatuh pada 30 April 2024 lalu, dengan tema “Mengabdi Dengan Kehormatan, Pelindung Sejati Kedaulatan”.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keterampilan dalam penanganan bahan peledak, personel SAT81/Gultor akan mempelajari teori praktis riset pengembangan bahan peledak DAHANA, praktek penyala dan detonator non-elektrik, serta praktek peledakan dan perbandingan bahan peledak komersial milik DAHANA dengan bahan peledak militer.

Dalam penutupan acara, Lettu Inf Paksi Narendra, Komandan Latihan Spesialisasi Demolisi Satuan 81 Kopassus, mengungkapkan apresiasi atas sambutan hangat dari PT DAHANA.

Peserta pelatihan juga mendapatkan pemaparan materi dan praktek penanganan bahan peledak oleh Asisten Manajer Riset dan Inovasi Produk Militer DAHANA, Muhammad Hilman H.

Kunjungan ke kawasan Energetic Material Center (EMC) juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk melihat langsung proses produksi bahan peledak oleh PT DAHANA.

Baca Juga:  Letkol Inf Achmad Zaki Gantikan Bambang Raditya Sebagai Dandim Subang

Kerjasama antara SAT81/Gultor dan PT DAHANA ini tidak hanya menguntungkan bagi kedua belah pihak, tetapi juga memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan dan kesiapan dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di masa depan.